Perpisahan MAN Kroya Ajang Show Kepada Masyarakat

Perpisahan di MAN Kroya selama ini, tidak hanya sekedar kegiatan pelepasan siswa siswi kelas 12 dengan Sekolah atau Madrasah, atau dikembalikanya siswa siswi kepada orang tua, yang mana dulu orang tua pernah menitipkan putra putrinya untuk belajar di Sekolah/Madrasah selama kurang lebih 3 tahun lamanya dan saat ini adalah penyerahan mandat Sekolah yang dulu pernah dititipkan dari orang tua. Namun ternyata iven itu ada makna yang tersembunyi berupa SHOW pendidikan Madrasah kepada masyarakat sekitar. Demikian sambutan Kepala Madrasah Drs. H. Affandie, M.Ag, pada rapat dinas dalam rangka persiapan UKK dan PPDB. 
Acara rapat dinas kali ini diikuti oleh sekitar 45 orang, dari 60 an orang guru maupun karyawan MAN Kroya. Rapat dinas kali ini mengalami pengunduran waktu yang seharusnya dilaksanakan pada taggal 21 Mei 2012, namun karena ada kegiatan persiapan Perpisahan Kelas 12, akhirnya rapatpun ditunda sampai hari Rabu 23 Mei 2012. 
Dalam bagian lain sambutan Kepala MAN Kroya, mengatakan bahwa Promosi Madrasah kepada masyarakat bukan satu satu nya kegiatan yang menumpang acara Perpisahan siswa, namun pada waktu waktu mendatang promosi ini akan di lewatkan pada kegiatan " Pengajian " dengan cara mengundang mubaligh dari luar seperti Jakarta, yang nanti akan di lewatkan pada acara hari ulang tahun MAN, ataupun juga pada acara kegiatan Pondok Pesantren. 
Selain dari pada itu, menurut Drs. H. Affamdie, M.Ag, selama ini iven iven penting seperti Perpisahan dan sejenisnnya kita tidak pernah mengundang para pembesar dari Kemenag Cilacap. Padahal mereka adalah bapak bapak kita sendiri. Bagaimanapun adanya MAN ini juga atas perjuangan mereka. Oleh karena itu, untuk waktu waktu mendatang, insya Allah kita akan mencoba mengundang para tokoh dari Kemenag disamping tetangga kita seperti Camat, Muspika serta Danramil juga tetap kita undang. Hal ini juga, bertujuan agar iven yang kita selenggarakan akan lebih semarak lagi.
Masih dalam kegiatan Promosi Madrasah, didalam perekrutan siswa baru nanti akan menawarkan tiga buah keunggulan seperti keunggulan bidang pendidikan agama Islam, keunggulan adanya kelas khusus, dan keunggulan dalam bidang marching band. Ketiga keunggulan inilah yang nanti akan ditawarkan kepada masyarakat di Kroya, untuk kegiatan pembelajaran tahun pelajaran 2012-2013.
Keunggulan dalam bidang PAI, akan menonjolkan pada kegiatan pesantren. Kegiatan pesantren ini, yang nantinya akan berujung pada pembentukan Yayasan Bahrul Ulum, saat ini sudah dimulai dengan aktivitas pesantren putra di masjid MAN Kroya.


Untuk saat ini memang masalah pesantren menurut Drs. H. Affandie, M.Ag, masih berkutat pada santri santri putra. Padahal jumlah siswa-siswi MAN Kroya kebanyakan putri. Sehingga dengan kendala pengampu putri saat ini belum ada, menyebabkan kegiatan ini belum terlaksana.
Untuk kelas khusus yang dicanangkan kepala Madrasah, untuk kegiatan KBM tahun 2012-2013 akan ditentukan pada kelas IPA dan Kelas Agama. Sedangkan untuk bidang Marching Band akan lebih digalakkan lagi, diantaranya dengan mengganti secara bertahab alat alat marching yang sudah usang dengan yang lebih baru.
Himbauan kepala Madrasah menyangkut Kalender Pendidikan, mengatakan bahwa semua aktivitas yang ada dalam penyelenggaraan pendidikan harus dicantumkan ke dalam Kalender Pendidikan. Termasuk penandasan kegiatan hari Ulang Tahun MAN juga harus dicantumkan.
Dari Kurikulum diinformasikan bahwa dari tanggal 6 Juni sampai dengan 16 Juni akan dilakukan penyelenggaraan Ulangan Kenaikan Kelas ( UUK ). Disamping itu pada tahun 2014 mendatang MAN Kroya akan kembali dieksekusi melalui jalur Akreditasi. Oleh karena itu kepada semua guru untuk rajin membuat RPP dan Silabus, termasuk juga Prota dan Promes, yang nantinya akan dicetak oleh Sekolah. RPP yang digunakan saat ini adalah jenis RPP berkarakter.
Dari Kesiswaan diinformasikan bahwa mulai tanggal 28 Mei sampai dengan 6 Juni 2012, adalah PPDB untuk program Khusus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDAN MAGNET

Alat Alat ukur besaran Pokok ( 7 Besaran Pokok )

Energi Potensial Pegas